PENTINGNYA PEMERIKSAAN ANTE DAN POST MORTEM HEWAN QURBAN

pemeriksaan Kesehatan Ante Mortem

 

Pemeriksaan ante mortem adalah pemeriksaan kesehatan hewan potong sebelum disembelih (Manual Kesmavet, 1993). Pemeriksaan ante mortem dilakukan dengan mengamati dan mencatat ternak sapi sebelum disembelih yang meliputi jumlah ternak, jenis kelamin, keadaan umum, serta kelainan yang tampak.

Petugas yang berwenag untuk melakukan pemeriksaan ante mortem adalah Dokter Hewan. Para dokter hewan inilah yang berhak menentukan apakah hewan dapat dipotong atau tidak (Soejoedono, 2002). Tujuan utama dari pemerikasaan Ante Mortem ini diantaranya: mencegah menyebarnya penyekit zoonoziz, mengawasi penyakit tertentu sesuai dengan undang-undang, menghindari pemotongan hewan yang sakit/abdormal dll.

 

Pemeriksaan Ante Mortem dilakukan dengan cara :

  1. Dilakukan sedini mungkin pada ternak pada bagian kiri, kanan, depan dan kepala , pada bagian belakang (kaki dan anus) dengan memperhatikan gejala-gejala yang harus diketahui dengan jelas. Sebagai contoh, penyakit Anthrax dapat diketahui dengan melihat keluarnya darah dari lubang-lubang pembuangan.
  2. Dilakukan pada saat ternak sedang beristirahat
  3. Melakukan pengawasan pada siang dan malam hari

 

Hasil akhir pemeriksaan ini dapat dibagi tiga kelompok :

 

 

1. Ternak yang dipotong secara reguler adalah ternak yang memenuhi syarat normal.

2. Ternak yang ditolak yaitu ternak yang menderita suatu penyakit menular, masih produktif dan betina bunting

3. Ternak yang menderita kelainan lokal seperti fraktur, abses, neoplasma dan ternak yang kondisinya meragukan (Arka dkk, 1988).

Pemeriksaan Kesehatan Post-Mortem

 

Pemeriksaan post mortem adalah pemeriksaan daging dan bagian-bagiannya setelah selesai penyelesaian penyembelihan (Manual Kesmavet, 1993).). terutama pada pemeriksaan karkas, kelenjar limfe, kepala pada bagian mulut, lidah, bibir, dan otot masseter dan pemeriksaan paru-paru, jantung, ginjal, hati, serta limpa. Karkas adalah bagian dari hewan potong yang disembelih setelah kepala dan kaki Sedangkan dipisahkan, dikuliti, serta isi rongga perut dan dada dikeluarkan (Manual Kesmavet, 1993)

 

Maksud dilakukan pemeriksaan post-mortem adalah untuk membuang dan mendeteksi bagian yang abnormal serta pengawasan apabila ada pencemaran oleh kuman yang berbahaya, untuk memberikan jaminan bahwa daging yang diedarkan masih layak untuk dikonsumsi.

 

Pemeriksaan post-mortem yang dilakukan antara lain pemeriksaan karkas pada limfoglandula, pemeriksaan kepala yaitu pada bibir, mulut, otot masseter, dan pemeriksaan organ dalam seperti paru-paru, jantung, ginjal, hati, serta limpa. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan rutin yang dilakukan dengan intensitas normal setiap hari. Jika terdapat abnormalitas pada karkas, organ visceral atau bagian-bagian karkas lainnya dapat dikonsumsi, diproses lebih lanjut atau tidak (Soeparno, 1992).

 

Pemeriksaan postmortem meliputi :

 

 

Mengawasi pengeluaran jeroan/viscera organ pencernaan

 

Organ pencernaan yang diperiksa ini mulai dari mulut, kerongkongan atau pharinx, oesphagus, perut besar (pada ruminansia memiliki 4 ruangan yaitu rumen, retikulum, omasum dan abomasum) dan usus, rectum dan berakhir pada anus.Organ jeroan lain yag diperiksa adalah hati dan pancreas serta fungsinya, oran pernafasan dan fungsinya dan jantung dan fungsinya.

 

Hati secara tidak langsung dihubungkan ke usus oleh saluran empedu, berasal dari kandung empedu yang melekat ke bagian belakang dari hati. Empedu adalah produk sampingan dari aktivitas hati dan mengeluaskan cairan empedu ke dalam usus halus. Apabila karena penyakit dan saluran empedu menjadi tertutup, maka akan terjadi gejala “joundicc” sehingga jaringan tubuh menjadi kuning, dan ini bisa diamati pada selaput mata. Pancreas memproduksi cairan pencernaan yang menyerupai empedu yang dikeluarkan ke dalam usus halus.

 

Yang termasuk organ pernapasan dimulai dari tenggorokan, larynk, trachea, bronchi, dan paru-paru. Paru adalah organ penting dari pernapasan, fungsi utama adalah mensuplai oksigen yang dipergunakan atau dibakar dalam tubuh untuk energi, dan untuk mengeluarkan karbondioksida dari tubuh.

Memeriksa bagian kepala dan lidah

 

Kelainan-Kelainan Pada Bagian Kepala dan Lidah

 

Penyakit Actinomycosis ditandai dengan adanya bisul-bisul pada kepala, bisul pada lidah.

Cysticercus enermis atau bovis ditandai dengan adanya larva pada masseter sapi.

 

3. Cysticeercosis cellulose ditandai dengan adanya larva pada masseter babi.

Memeriksa bagian karkas dan kelenjar pertahanan

Karkas adalah bagian hewan setelah dikuliti, dipisahkan kepala, ceracak, dan ekornya, dan dikeluarkan jeroannya.

Kelainan/perubahan yang bisa terjadi :

1. Kelainan karkas yang disebabkan oleh gangguan fisiologis

2. Perubahan keadaan umum yang disebabkan oleh infeksi

3. Keadaan lain yang sering dijumpai pada karkas dan organ

 

 

Memeriksa pada rongga dada dan perut

 

Pada pemeriksaan postmortem jeroan :

 

a. Jeroan dinyatakan aman dan layak dikonsumsi manusia apabila tidak ditemukan adanya kelainan

b. Jeroan dinyatakan aman dan layak dikonsumsi manusia setelah dilakukan penghilangan/trim bagian-bagian yang tidak aman dan layak dikonsumsi manusia.

c. Seluruh jeroan dinyatakan tidak aman dan layak dikonsumsi manusia apabila :

ditemukan kelainan/perubahan spesifik (patognomonis) penyakit hewan strategis; jeroan berasal dari hewan yang mati sebelum dipotong ; warna, bau, aspek, dan konsistensi jeroan tidak normal; ditemukan parasit yang menyebar pada jeroan.

Pemeriksaan organ kepala, lidah, karkas, kelenjar pertahanan, organ dada dan perut yang tidak teliti dan kompeten akan mengakibatan kesalahan dalam menentukan kesehatan organ dan daging.

 

8 Responses to PENTINGNYA PEMERIKSAAN ANTE DAN POST MORTEM HEWAN QURBAN

  1. My wife and i were very happy when Chris managed to do his web research via the ideas he had in your web page. It’s not at all simplistic just to be freely giving strategies which usually most people could have been making money from. And we all grasp we have got you to give thanks to because of that. Those explanations you have made, the easy site menu, the relationships your site make it possible to create – it’s got most spectacular, and it’s leading our son in addition to us do think that matter is thrilling, which is extraordinarily indispensable. Many thanks for the whole thing!

    • julungjulung says:

      your welcome.
      I was also happy to hear cris developments in research ideas through web.terima you also to your family for the trust that you have provided to me and I hope my website helpful and useful to you all. for smooth web, if any criticisms or suggestions please convey it to me. I hope your family stay on the road and hopefully god god bless your family.

  2. Ebonie says:

    Your post, Aktualisasi diri,kesehatan kebidanan » Blog Archive » PENTINGNYA PEMERIKSAAN ANTE DAN POST MORTEM HEWAN QURBAN, is really well written and insightful. Glad I found your website, warm regards!

    http://www.bestbrandsworldwide.com
    http://www.propertyslate.com
    http://www.everyoneworthknowing.com
    http://www.careerfortune.com
    http://www.couponclinch.com
    http://www.querybuzz.com
    http://www.peopleinhollywood.com
    http://www.gamegusto.com

    • julungjulung says:

      your welcome. thank you for the compliment and support you have given me. I hope my website can be useful for you.

  3. It’s a shame you don’t have a donate button! I’d without a doubt donate to this superb blog! I guess for now i’ll settle for book-marking and adding your RSS feed to my Google account. I look forward to fresh updates and will share this site with my Facebook group. Chat soon!

  4. great site julungjulung.mhs.unimus.ac.id. Offtopic: Will there be a new part of “Harry Potter?”
    ritalin online ouhsc pharmacy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>